Gedung Karesidenan Kota Bogor

Gedung karesidenan inilah nama bangunan yang terletak di Jl Juanda Berseberangan dengan salah satu hotel peninggalan Belanda yaitu Hotel Salak. Gedung yang dahulu merupakan rumah dinas asisten residen dari Buitenzorg ini dibangun sejak 1870 dan memiliki 2 lantai yang mana lantai pertama difungsikan sebagai kantor sedangkan lantai dua digunakan sebagai rumah tinggal. 



Tidak seperti bangunan lain yang dirancang oleh arsitek, bangunan ini dirancang oleh insinyur sipil dari departemen pekerjaan sipil (waterstaat), hal ini
terlihat dari kesederahaan bentuknya, formal,serta memiliki tembok yang tebal.Selain itu pengaruh neo klasik juga kuat mempengaruhi gedung ini dengan banyak tiang-tiang pada bangunan serta model setengah lingkaran pada jendela.


Gedung karesidenan Kota Bogor
De woning van  de assistent-resident  in Buitenzorg 1931 | Collection Tropenmusem
Pada tahun 1928, gedung ini berubah fungsi menjadi kantor pembantu gubernur sampai dengan tahun 1976. Dan mulai tahun 2000, kembali gedung ini berubah fungsi menjadi kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan wilayah I.



Woning van de assistent-resident te Buitenzorg 1870
Kini Bangunan ini masih berdiri kokoh dan merupakan salah satu bangunan warisan sejarah yang layak dipelihara dan dijaga keberadaannya dari perubahan bentuknya.

 -
Semoga bermanfaat








      

0 Response to "Gedung Karesidenan Kota Bogor "

Post a Comment